Saturday, May 9, 2015

AzzA Venus Gaming Case Review


AzzA adalah satu perusahaan yang bermarkas di Amerika yang berdiri pada tahun 1996. Produk mereka saat Gaming Case dan Power Supply. Di Indonesia sendiri produk dari AzzA sudah lama kita kenal, khususnya Gaming Case. Di lab kami baru saja kedatangan tipe baru dari AzzA gaming case untuk kelas Mid Tower. AzzA VENUS namanya... [PRBREAK][/PRBREAK]sayangnya produk ini belum tercantum di web resmi AzzA, dan kami ditugaskan untuk memperkenalkan produk ini kepada teman-teman sebangsa dan setanah air

AzzA VENUS hardir dengan dimensi yang mirip dengan pendahulunya yaitu AzzA TRITON, perbedaan keduanya terletak pada desain eksterior dan sedikit desain interior. Yang pasti AzzA venus hadir dengan desain sederhana tapi terlihat begitu gagah. Seperti apa detail dari gaming case yang satu ini...., ikuti pembahasan kami selanjutnya.

SPESIFIKASI

Spesifikasi lengkap dari AzzA VENUS bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Secara lengkap akan kami bahas pada pembahasan berikutnya.


PACKAGING DAN BUNDLE

Tidak ada yang istimewa pada kemasan bagian luar case ini. Pada kemasan bagian luar hanya ada gambar case, logo AzzA serta informasi berat dari case ini.
Bundle yang diberikan juga sangat sederhana, hanya ada buku manual, cable ties, mini speaker dan 1 paket baut.

DETAIL CASE - OUTSIDE

AzzA VENUS terbuat dari SECC Steel dengan ketebalan 0.6 mm. Case dibalut dengan warna hitam baik dibagian luar maupun dibagian dalam. Desain case ini sederhana namun terlihat elegan dan gagah. Bagian depan mirip dengan desain dari COOLERMASTER HAF. 1 buah fan dengan LED biru tersedia dibagian depan case. Lebar case 204mm, dapat dipastikan penutup case bisa ditutup apabila menggunakan HSF tinggi. Pada bagian side panel windows bisa juga dipasang 2 buah fan dengan ukuran 12 cm.

AzzA VENUS juga hadir dengan Side Panel Windows (Transparan samping). Sedangkan pada sisi penutup case lainnya dibuat agak menonjol keluar yang berfungsi untuk manajemen kabel.

Pada bagian belakan case terdapat dudukan untuk fan dengan ukuran 12cm. Kita lihat disana juga terdapat 4 lubang disisi atas dan samping untuk pemasangan selang watercooling dan juga ada lubang ventilasi udara disana.

Sekarang kita lihat pada bagian top panel. Di sana terdapat tombol power, tombol reset, LED indikator power dan hardisk, port audio dan mic, 1 x USB 2.0 port dan 1 x USB 3.0 port.


DETAIL CASE - OUTSIDE

Ruangan case ini terbilang cukup luas. Ukuran dari bagian belakan sampai pada drive bay = 29 cm. Dengan demikian VGA kelas high-end yang biasanya memakan tempat bisa terpasang. Kabel berwarna biru yang terlihat pada gambar di bawah adalah kabel USB 3.0. Memang agak sedikit repot memasang kabel ini, karena harus langsung terhubung pada port USB 3.0 dari motherboard.


Pada gambar di bawah juga bisa dilihat beberapa lubang yang bermanfaat untuk manajemen kabel. Bagi yang gemar gonta-ganti HSF juga tidak perlu repot-repot membongkar motherboard terlebih dahulu karena tepat dibelakang backplate HSF tersedia lubang untuk memudahkan kita dalam melepas HSF.


Instalasi hardisk bisa langsung dilakukan dengan mudah karena posisinya langsung menghadap ke samping. Posisi PSU juga dibagian bawah casing. Letak PSU dibawah sepertinya menjadi standart baru untuk gaming case yang ada saat ini. Pada sisi bagian bawah juga bisa dipasang fan dengan ukuran 12 cm. Bagi anda yang menggunakan SSD tidak perlu kuatir, karena case ini juga menyediakan tempat khusus untuk pemasangan SSD. SSD dipasang pada bagian dasar case kemudian dibaut dari bawah case. Namun demikian AzzA VENUS belum menggunakan system screwless.



INSTALASI HARDWARE DAN HASIL AKHIR

Kami tidak mengalami sedikitpun kendala dalam proses perakitan hardware pada case ini. RADEON HD7950 yang merupakan VGA high-end juga bisa terpasang dengan mulus pada case ini. Secara lengkap bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



KESIMPULAN

Gaming case varian terbaru dari AzzA yang satu ini bisa menjadi pilihan menarik buat pengguna yang senang memamerkan hardware yang dipakai tanpa harus membuka penutup samping case. Desain case ini simple tapi tetap tidak mengurangi kesan elegan. Material case juga terbuat 0.6 mm SECC, jauh lebih kokoh dari case kaleng kerupuk. Tambahan USB 3.0 port pada bagian top panel menjadi nilai plus tersendiri untuk case ini walaupun sedikit repot untuk memasang kabelnya karena harus langsung terhubung ke port USB 3.0 dari motherboard. Ruangan case juga lega dan didukung sistem ventilasi yang baik. Produk SSD terkadang dalam paket penjualannya tidak disertakan bracket, tapi jangan kuatir, AzzA venus juga menyediakan tempat khusus untuk instalasi SSD. Kabel-kabel juga bisa tertata dengan rapi berkat sistem manajemen yang baik pada case ini. Dan satu lagi yang terpenting adalah harganya yang cukup terjangkau.

Sayangnya AzzA VENUS belum menggunakan system screwless yang akhir-akhir ini banyak digunakan pada gaming case. Fan yang disertakan dalam paket penjualan juga cuma 1 buah. Dan menurut kami, dudukan fan pada side panel windows juga tidak terlalu efisien, karena apabila menggunakan HSF tinggi, fan samping bagian atas tidak akan bisa terpasang, begitu pula dengan fan samping bagian bawah tidak akan bisa terpasang karena terhalang oleh PSU.



(Subjective Score)


2 comments

Mantap gan,,,,,

silakan mampir di http://blogholicare.blogspot.co.id/

Terimakasih Atas Kunjungannya :)


EmoticonEmoticon