Saturday, May 24, 2014

Merakit Rangkaian Power Bank Sederhana - Komputekid

rangkaian-power-bank-imageMau merangkai sendiri Rangkaian Power Bank atau membeli pabrikan yang harganya mahal?! Seperti anda ketahui sekarang kebutuhan Gadget sangat penting hari ini, hampir setiap saat orang menggunakannya mulai subuh hingga larut malam. Tatkala battery gadget habis pasti akan dicharger  untuk bisa digunakan kembali. Namun, bagaimana jika anda dalam perjalanan?
Untuk itulah saya akan sedikit berbagi pengetahuan yang sedikit untuk membantu rekan Tronika mengatasi masalah battery habis. Bermula banyaknya rekan-rekan yang bertanya di Thread yang saya posting di Forum Kaskus dan Alhamdulillah HT (Hot Thread) hingga page viewnya mencapai 150 ribuan. Ternyata masih banyak yang belum paham dengan tata letak komponen, sehingga banyak yang gagal.

Tidak bermaksud menggurui namun saya ingin memperjelas rangkaian power tersebut berfungsi dengan baik asalkan jangan sering-sering digunakan, karena sifatnya hanya digunakan saat darurat saja.
Rangkaian charger portable USB ini sebenarnya sudah marak di dunia elektronika, terdiri rangkaian sederhana berbasis IC Regulator LM7805 output tegangan 5 volt sebagai kuncinya.

Kenapa mesti 5 volt, ko bukan 3,7 volt seperti tegangan baterai ponsel?

Pertanya yang sangat bagus. Sebab untuk proses pengisian ulang battery dibutuhkan tegangan lebih tinggi dari tegangan yang diisi. Jadi dengan tegangan output 5 volt dari LM7805 sangat wajar, untuk tegangan sumbernya harus di atas 5 volt (6 volt, 7.2 volt, 9 volt, dan 12 volt).

Perhatikan gambar Rangkaian Power Bank berikut:

rangkaian-power-bank
Komponent List: 
1    BT1 = Battery 7.4 Volt, 
2    C2 = 1000uF/16V 
3    C3 = 470uF/16V 
4    R1 = 150 ohm 
5    D1 = LED 
6    U1 = LM 7805
Tata Letak Komponen di PCB akan terlihat seperti ini, Ini terlihat dari atas PCB seolah-olah warna kuning komponen di gambar bawah ini adalah komponennya terlihat dari atas.
rangkaianpowerbank-schematic

Keunggulan Rangkaian USB Portable Power bank

  • Battery sumber BT1 bisa diisi ulang menggunakan adaptor/ power supply 10 volt, dengan Open Switch SW1.
  • LED 1 sebagai indikator proses pengisian ulang sedang berjalan.
  • Saat pengisian Battery BT1 saklar SW1 bisa di close scwitch sekaligus pengisian ponsel.


EmoticonEmoticon