Tuesday, April 12, 2016

Cara Memasang Google Custom Search Engine di Blogspot



Google Custom Search Engine Merupakan fasilitas yang di sediakan google dalam sebuah pencarian yang disesuaikan, dibangun menggunakan teknologi pencarian inti Google, yang memprioritaskan atau membatasi hasil pencarian berdasarkan situs dan halaman yang Anda tentukan. dengan artikel yang banyak mendapat trafik organik, apa itu trafik organik?

Trafik organik atau organic traffic adalah lalu lintas masuk ke sebuah website yang berasal dari daftar pencarian tidak berbayar pada mesin pencari atau sebuah website direktori . Lalu lintas organik sebuah website dapat dihasilkan atau ditingkatkan dengan cara kita mendaftarkan atau memasukkan situs web ke website direktori, mesin pencari, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendapatkan trafik organik? Ada beberapa cara bisa ditempuh. Antara lain ya menggunakan teknik-teknik SEO yang sudah banyak dibahas di berbagai blog. Namun kali ini, saya ingin memberi tips beda yakni dengan membuat google custom search yang dipasangkan pada blog  kita. Dengan memanfaatkan google penelusuran ini maka trafik yang datang ke blog kita adalah sebagai berikut:

Blog kita = > Google => Blog kita

Dengan alur lalu lintas trafik seperti itu, maka perujuk bagi orang untuk masuk ke blog kita berasal dari mesin pencari google. Akibatnya sudah pasti, google sayang pada blog kita, dan semakin memberi rating tinggi pada artikel-artikel blog kita.
Jadi jelaslah bahwa pembuatan dan penempatan Google Custom Search Engine di blog kita merupakan salah satu bentuk search engine optimization (SEO). Artinya Google Custom Search Engine berfungsi sebagai penguat upaya SEO yang kita lakukan untuk blog kita.

Intinya kita dapat menggunakan Google Custom Search Engine sebagai alat untuk memudahkan para pengunjung dalam mencari setiap apa yang mereka butuhkan, yang mana pada pencarian tersebut hanya dibatasi pada apa yang terdapat didalam situs kia sendiri. Jadi setiap konten yang ada pada situs kita akan di tampilkan di hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang mereka masukkan/ketik.


1. Cara Mendaftar Google Custom Search Engine

 

Sebelumnya login terlebih dahulu ke Gmail kamu kemudian buka link berikut ini Google Custome Search Engine  Selanjutnya akan ada tampilan seperti gambar di atas, kemudian klik pada "Masuk ke Mesin Telusur Khusus" dan selanjutnya kamu akan dibawa ke menu untuk memasukan website/blog kamu.


Isikan data alamat website sesuai dengan Blog yang akan kamu gunakan pada form "Situs yang akan di telusuri" pada pilihan Bahasa pilih "Indonesia" dan untuk nama mesin telusur isikan semau kamu untuk nama mesin telusurnya tahap terakhir klik BUAT.

Sampai Disini Untuk Pembuatan Custome Google Search Engine Sudah Selesai.

2. Cara Memasang Google Custom Search Engine di Blogspot

Setelah kamu mendaftar pada Google Custom Search Engine Selanjutnya tahap pemasangan pada blogspot dan berikut ini adalah tutorialnya.

Buat Laman/page baru pada Blogspot kamu dengan cara masuk ke Blogger klik pada laman/Page-> New Page.





Selanjutnya Buka kembali Google Custome Search Engine Klik pada "Edit mesin telusur -> Tampilan dan nuansa" kemudian klik pada "Dua laman" klik pada Button Simpan & Dapatkan Kode
kemudian klik pada Detail Hasil penelusuran.


Pada Form Pertama Isikan Url Laman/page yang barusan kamu buat kemudian klik "Simpan" 
Copykan Script Google Custome yang tadi di buat.
Kemudian masuk ke Blogger klik pada ->Widget kemudian buat Widget baru di sidebar pilih yang HTML/Javascript Pastekan Code Script yang barusan kamu copy dan kemudian klik save.

Selanjutnya Kembali lagi pada Google Custome Search Engine klik pada dapatkan Kode


Pada Code ke 2 ini copykan kemudian pastekan pada halaman/page yang sebelumnya di buat dalam mode HTML


Setting Halamannya seperti gambar diatas kemudian klik Publish.

Sekarang Kamu lakukan uji coba pada kotak pencari yang telah kamu pasang tadi, silahkan ketik kata kunci yang kamu cari dan tekan tombol cari. jika berhasil, maka kamu akan di alihkan ke Laman Hasil pencarian dan mendapatkan beberapa hasil dari pencarian kamu. 
Untuk Contohnya silahkan lakukan pencarian pada Blog Komputekid ini.
dan untuk memodifikasi Tampilan Search engine nya silahkan baca pada Artikel kawan saya pada blog Bloggingpasuruan .
jika ada yang ditanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar.
Semoga bermanfaat.

13 comments

makasih banyak yaa gan,triknya boleh dicoba nih buat blog ane hehehe

ane padahal gak tau awalnya fungsi fitur ini , berkat penjelasan agan , akhirnya ngeti juga dan ane pengen nyoba .

Waah ini bermanfaat banget buat teman-teman blogger yg masih kebingungan Gan :D

Thanks gan bisa bikin trafik naik kalo begini

Ijin Coba Gan Kalo Bisa Ane Klik Deh Iklannya 1x

terima kasih untuk triknya kapan kapan saya boleh dicoba ijin bookmark gan

Silahkan Om kalau ada yang kurang dimengerti silahkan tanyakan disini ^_^

Ijin praktek mas, ini nih yang tak cari2 biar enak di search google. Thanx ya buat informasi nya...

Hadir dalam rangka memenuhi undangan sob! :) Thanks ilmunya, ijin diboba.


EmoticonEmoticon