Wednesday, September 14, 2016

Review Elementary OS 0.4.0 Loki Stable


Pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit mengenai Elementary os loki 0.4 stable yang sedang saya gunakan ini. sedikit kutipan mengenai Elementary OS

"Elementary adalah sebuah proyek free software yang dimulai pada tahun 2007. Pada awalnya elementary adalah sebuah set dari aplikasi dan tema untuk Ubuntu, namun dalam waktu dekat ini akan di release dalam distro tersendiri yang disebut elementary OS."

Pada Pembaharuan kemarin tepatnya tanggal 11 September 2016 elementary loki 0.4.0 Stable telah di rilis secara resmi sebelumnya hadir dalam seri elementary os loki beta 2. jika sebelumnya anda pernah menggunakan elementary os freya akan terasa banyak perbedaanya, mulai dari versi ubuntu yang di gunakan dan software terbaru yang hadir pada loki stable ini.

Interfaces

Untuk tampilan elementary os ini lebih menyerupai MAC OS dengan desain interface yang elegan dan tentunya ringan ketika di gunakan.


elementary os loki 0.4 stable ini juga hadir dengan indikator baru pada indikator tersebut juga tersedia notifikasi yang akan mengingatkan anda jika ada proses yang anda lakukan telah selesai.

Browser

 

Pada Browser berganti nama dari sebelumnya bernama "Midori" setelah update menjadi "Epiphany" tidak banyak yang berubah pada Browser ini namun jika anda ingin menonton video seperti di website youtube anda tidak perlu installasi Flash player terlebih dahulu jika di versi beta nya diharuskan meng iinstall plugin terlebih dahulu supaya anda dapat streaming atau membuka aplikasi berbasis flash di browser Epiphany.

File Manager


ini feature yang saya suka dari elementary os file manager yang menyerupai pengelola file yang digunakan MAC os. anda dapat membuka folder dan sub folder dengan gaya tree/bercabang atau apalah yah namanya, ini memudahkan anda ketika mengelola folder/file jika anda salah masuk folder maka akan mudah untuk di lihat.

Text Editor

 

Scratch jika anda seorang programmer text editor ini akan membantu anda dalam editing file seperti php ataupun html jadi anda tidak perlu untuk meng install text editor lagi seperti sublime, dengan feature tab yang di sediakan mempermudah anda untuk membuat file baru sehingga anda dapat mengedit file dengan nyaman.

Terminal

 

Terminal yang digunakan juga sangat apik dengan fungsi tab dan juga custome yang mudah di sesuaikan dengan selera anda. jika sudah selesai menjalankan suatu command maka akan muncul notifikasi bahwa command tersebut telah selesai.

AppCenter

 

Dengan Tampilan AppCenter yang minimalis anda dapat dengan mudah menemukan software yang akan anda installkan .

masih banyak feature/app yang belum saya bahas disini pada dasarnya Elementary OS Loki ini wajib anda coba bagi anda yang mendambakan MAC OS , karena secara keseluruhan elementary os ini sudah mirip dengan MAC OS bedanya Elementary os loki ini FREE dan tentunya dengan interfaces yang Elegan.

kekurangan dari elementary os ini hanya terdapat sedikit app yang ter install default, tidak adanya app pengelola Office, Graphic dan sedikit nya app yang di sediakan pada AppCenter .

jika anda tertarik untuk menggunakan nya anda dapat mengunduh Elementary os Loki ini pada website resmi di elementary.io .
kemudian jika anda punya tips seputar elementary bisa anda tambahkan pada kolom komentar di bawah.

1 comments so far

Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
cobain open source project rancangan ane gan >

IT Tools Pack Solution

(Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

#SalamSatuTeknologi


EmoticonEmoticon