Sunday, August 7, 2016

Cara Menambahkan Extensions di Ubuntu 16.04 Gnome



Cara Menambahkan Extensions di Ubuntu 16.04 Gnome - Apakah Kamu pernah bertanya ko Desktop / Gnomenya beda sih ? pernahkah terpikir hal tersebut di benak anda ?

Ada beberapa cara untuk kostumisasi Desktop gnome kamu salah satunya meggunakan Extensions, yah exstensions ini memberikan suasana yang berbeda dari gnome default , gak percaya ?

Yu intip bagaimana saya kostumisasi Desktop Gnome menggunakan Extensions.

Silahkan Buka Website Gnome Extensions berikut.

1. Menambahkan Radio




Bagi anda yang suka menggunakan Laptop sambil dengerin radio di perangkat Radio atau Hp kini anda dapat memutar radio di Laptop kamu tanpa harus membuka website penyiaran radio, dengan extensions kamu dapat memasang nya di Gnome kamu , caranya seperti berikut.

Pada pencarian sebelah kanan ketikan Radio, maka akan muncul Extensions dengan nama Internet Radio , anda klik dan kemudian Aktifkan Extensions tersebut dengan cara memindahkan tombol off yang ada di kiri Judul Extensions menjadi ON seperti gambar di atas. dan secara otomatis Extensions radio akan terpasang pada Taskbar seperti gambar saya di atas.

2. Menambahkan Menu pada taskbar


 
Bisa anda lihat diatas terdapat menu yang ada pada Taskbar, jika biasanya anda harus menyorot sudut kiri atas uuntuk membuka menu sekarang menu tersebut sudah ada di Taskbar dengan style yang berbeda tentunya, jika saya bilang ini mirip seperti menu yang terdapat pada linux mint .

 Untuk cara pemasanganya sama seperti cara pertama kamu tinggal cari extensions dengan nama "MENU" nanti akan muncul extension Gno-Menu.

3. Memindahkan Taskbar ke bawah



Bagi anda yang menggunakan Gnome Default pasti sudah tau jika posisi taskbarnya berada di atas. nah dengan extensions anda dapat merubahnya menjadi di bawah ini tergantung style anda apakah suka posisi taskbar berada di atas atau berada di bawah.


Cari MMOD Panel dan installkan seperti cara sebelumnya , nanti akan ada konfigurasi setelah anda menginstall MMOD Panel, dan rubah position menjadi Bottom.

Mungkin segitu dulu yah extensions yang saya rekomendasikan untuk anda install selebihnya anda tinggal cari sendiri sesuai dengan keinginan anda pada website tersebut. semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon