Sunday, August 14, 2016

Perbedaan USB Tipe A,B dan C



Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.semakin berkembangnya jaman maka ada maka ada beberapa tipe USB antara tipe USB A, B dan C namun apakah kamu tau perbedaanya seperti apa?


USB Tipe A

Apa Sih Bedanya USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C?

USB tipe ini menjadi tipe yg paling sering kamu temui sehari-hari. Hal ini sebab USB tipe ini dipergunakan di banyak sekali perangkat PC yang kamu gunakan, seperti USB extender, USB Hub, USB Flashdrive, USB Modem, serta banyak lagi. USB ini sebagai standar USB yg digunakan pada perangkat PC saat ini.

USB tipe-A kini telah sampai pada versi 3.0 yang menjanjikan transfer data yang cepat. Meski demikian, sampai sekarang USB 2.0 adalah USB yang paling banyak digunakan dan ditemui karena telah menjadi standar bagi perangkat komputer.


USB tipe-B


Apa Sih Bedanya USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C? 
USB tipe-B adalah varian dari USB dipergunakan pada peripheral komputer, seperti pada Printer dan Scanner. USB tipe-B juga bisa kamu temui di smartphone-smartphone yang biasa kamu gunakan sekarang.


Apa Sih Bedanya USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C?

Selain varian yang dipergunakan sebagai jembatan penghubung komputer, USB tipe ini pula mempunyai varian lain, yaitu MicroUSB 3.0 yang memiliki 2 kepala yg tidak selaras; model jenis ini biasa kamu temukan pada HardDisk Eksternal.

USB Tipe-C

Varian teranyar inilah yang lagi naik daun. Keunggulan dasar asal USB tipe-C artinya mampu dipergunakan secara bolak-pulang. Merupakan, kamu tak wajib  memikirkan bagaimana posisi port USB-nya. Bila kamu memakai smartphone sekarang yg menggunakan USB tipe-B, maka kamu harus memasukan USB secara pas sinkron port yg tersedia. Sementara di USB tipe-C, engkau  bisa memasukannya secara bebas. Hal itu sebab USB tipe-C dibekali oleh sebuah sirkuit spesifik yang akan memberitahukan jalur mana yang wajib  ditempuh.

Apa Sih Bedanya USB Tipe-A, Tipe-B dan Tipe-C?

Keunggulan USB tipe-C adalah desainnya yang ramping. Meski ramping, USB tipe-C merangkum semua kemampuan port pada perangkat komputer, seperti menjadi jalur input/output data, jalur charging baterai, jalur penghubung display ke monitor lain, dan banyak lagi.


EmoticonEmoticon