Wednesday, April 27, 2016

Cara Sharing File di Windows


Sharing File merupakan salah satu fasilitas dalam jaringan yang sangat penting dalam menunjang kinerja karena lebih efisien dan lebih cepat dari pada harus meng copy file lewat Flashdissk atau CD/DVD. Kita dapat membagi file yang kita punya kepada semua orang yang terhubung kedalam jaringan yang sama. ada beberapa yang harus di setting untuk membuat sharing file ini berjalan dengan baik diantaranya:
  • Advanced Sharing Setting
  • Folder Setting
Tambahan
  • Melihat IP address
  • Membuka Folder Sharing dari komputer lain

1. Advanced sharing setting


Ini merupakan Bagian yang penting sebelum melakukan sharing file , langkah langkahnya sebagai berikut. 
Buka Control panel -> klik pada "Network and sharing center" 

klik pada "Change advanced sharing setting" disini ada 3 settingan yang harus di atur (Private,Guest or Public,All Networks) 





Private Setting

Lakukan setting seperti gambar di atas untuk meng aktifkan private sharing.

Lakukan setting seperti gambar di atas untuk meng aktifkan Guest sharing.


Lakukan setting seperti gambar di atas untuk meng aktifkan all network sharing.kunci utama disini ialah meng non-aktifkan "Turn off password protected sharing" ini supaya setiap orang yang ingin masuk dan memangambil file dari file yang kamu sharing tidak memerlukan password, kenapa harus di trun off ? beberapa kejadian yang saya alami ketika password di aktifkan dan melakukan login dengan user dan password sharing laptop itu selalu gagal , jadi cara ini yang ampuh supaya sharing file dapat bekerja dengan lancar.

2. Folder Setting

Sekarang bagian kedua yaitu sharing filenya, saya sarankan untuk membuat sebuah folder khusus sharing dan memasukan semua file yang akan di bagikan kedalam folder sharing tersebut. 




kemudian klik kanan pada folder sharing tersebut dan kik "Share With -> Specific people" seperti gambar di atas.



Kemudian akan muncul spesific user yang akan di berikan akses supaya dapat masuk ke tempat sharing yang kamu buat. untuk jenis usernya pilih yang "Everyone" kemudian klik Add.


dan kemudian rubah hak aksesnya menjadi "read/Write" dan klik Share.



tahap terakhir klik folder yang akann di share tadi seperti gambar di atas dan kemudian klik Done.

3. Melihat IP address

Supaya orang lain dapat masuk kedalam folder yang kamu sharing hal yang penting selanjutnya ialah memberikan informasi mengenai ip address yang kamu dapatkan dan sebaiknya kamu setting ip Static supaya ip tersebut tidak berubah ubah.buka CMD kemudian ketikan "IPCONFIG" maka akan muncul alamat ip yang kamu dapatkan seperti berikut ini

kamu cari "IPv4 Address" disana ada alamat ip sebagai berikut "10.10.10.122" itu merupakan alamat ip komputer yang kamu dapatkan.

4. Membuka Folder Sharing dari komputer lain

Ada dua cara untuk mengakses file yang telah di sharing bisa dengan membuka menu Network dan mengetikan command dengan IP tujuan pada program "RUN"

1. Membuka File Sharing Menggunakan menu Network


Klik pada Menu Network kemudian cari nama PC tujuan, disini aga susah karena kita harus tau nama komputer dari orang yang akan meng sharingkan file tersebut jika kamu sudah mengenali nama komputer dari orang yang meng sharing file tinggal kamu klik icon komputernya nanti akan terbuka file/folder hasil sharing yang di buat.


2. Membuka File Sharing menggunakan Explorer

Buka Windows Explorer kemudian ketikan alamat ipnya pada address bar seperti gambar di bawah ini (//10.10.10.122) keterangan ://alamat ip tujuan kemudian tekan enter.


Jika alamat IP tujuan benar maka akan muncul Folder yang di Sharing sebelumnya , contohnya seperti gambar di bawah ini.

cara ini sangat mudah daripada harus masuk melalui menu network dimaka kamu harus tau terlebih dahulu nama pc tujuan nya.
jika masih ada yang kurang di mengerti silahkan berkomentar.



EmoticonEmoticon