Tuesday, May 3, 2016

Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya - komputekid




Komponen-Komponen CPU Komputer Lengkap dan Fungsinya - CPU adalah perangkat keras komputer yang memiliki beberapa komponen penting yang terbagi menjadi beberapa macam, Namun sebelum mengetahui komponen CPU ini, alahkah baiknya kita memahami dulu apa itu CPU???

Komponen CPU dan fungsinya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Unit Kontrol (Control Unit)
Unit Kontrol ini merupakan komponen CPU yang berfungsi mengatur jalannya program. Komponen ini pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol sebuah komputer sehingga memungkinkan terjadinya sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. Selain itu Kontrol Unit bertanggunag jawab dalam mengambil intruksi-intruksi dari memori utama (RAM) & memastikan apa saja jenis instruksi tersebut. 

Apabila ada instruksi utk rumus aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kontol dapat mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dipindah oleh unit kontrol ke RAM lagi utk disimpan, dan pada  saatnya dapat disiapkan ke fasilitas output. Simpulnya fungsi dan tugas unti kontrol adalah sebagai berikut:

a. Mengatur & mengendalikan perangkat input dan output.
b. Membawa instruksi-instruksi dari memori utam (RAM). 
c. Membawa data dari RAM (apabila digunakan) utk diproses.
d. Mengirim instruksi ke ALU apabila ada rumus aritmatika atau perbandingan logika pula memantau kerja dari ALU.
d. Menyimpan hasil proses ke RAM.

Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya, fungsi komponen komponen cpu, komponen cpu dan gambarnya


2. Register
Register adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil yg memiliki kecepatan akses cukup tinggi, yang berfungsi untuk menyimpan data atau instruksi yg sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, rata rata digunakan hanya untuk menaruh data ketika data tersebut diolah maupun data untuk pengolahan setelah itu. 

Dengan Cara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak. Jika kita menjalankan pengolahan data dengan cara manual, maka otak akan diibaratkan seperti CPU, yg berisi ingatan-ingatan, unit kontrol yg mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki area untuk melaksanakan rumus & perbandingan logika. 

3. ALU atau Aritmatika logika Unit
ALU (Aritmatika logika Unit) adalah komponen CPU yg bertugas utk jalankan operasi aritmetika dan juga operasi logika berdasar instruksi yg ditentukan. ALU tidak jarang di sebut mesin bahasa dikarenakan ALU mempunyai dua bagian, yakni satuan arithmetika dan satuan logika boolean yg masing-masing mempunyai spesifikasinya pekerjaan tersendiri. 

Fungsi utama dari ALU adalah melaksanakan seluruh rumus aritmatika yg berjalan tepat dgn instruksi program. ALU dapat menjalankan seluruh operasi aritmatika dgn dasar penjumlahan maka sirkuit elektronik yg difgunakan disebut dengan adder.

Pekerjaan lain dari ALU adalah melaksanakan ketentuan dari satu buah operasi logika yang sesuai dgn instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dgn memakai operator logika tertentu.


EmoticonEmoticon