Wednesday, May 4, 2016

Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya - komputekid

Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya - Dalam Motherboard terdapat beberapa bagian komponen yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Bagian bagian komponen motherboard adalah sebagai berikut: Namun sebelum mengetahui komponen komponen yang terdapat pada Motherboard, maka alangkah baiknya anda mengetahui apa itu Motherboard? dan apa fungsi Motherboard??? Silahkan baca "Pengertian Motherboard dan Fungsinya"

Komponen atau Bagian-bagian Motherboard


1. Konektor Power
Konektor power adalah bagian darimotherboar berupa pin yg menyambungkan motherboard dgn power supply di casing komputer. Jika anda menggunakan Motherboard jenis AT, maka casing yg dibutuhkan adalah jenis AT juga. Konektor power jenis AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply dapat menancap di dalamnya. Pada Motherboard jenis ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yg utuh, jika anda ingin memasangnya, anda tinggal menancapkannya di motherboard.

Kabel ini terdiri dari dua kolom cocok dgn pin di motherboard yg terdiri atas dua larik pin. Banyak sekali Motherboard yang sudah meyediakan dua jenis konektor power, AT dan ATX. Biasanya motherboard paling baru sudah bertipe ATX. 


Bagian-bagian Komponen Motherboard dan Fungsinya, bagian bagian motherboard, komponen motherboard laptop dan fungsinya beserta gambarnya, socket pada motherboard


2. Socket atau Slot Procesor 
Terdapat beberapa jenis colokan untuk menancapkan procesor Anda. Model paling lama yaitu ZIF yang merupakan singkatan dari Zero Insertion Force Socket 7 atau yang lebih popular dgn istilah Socket 7. Socket ini kompatibel utk procesor yang dibuat oleh Intel, AMD, atau Cyrix yang umumnya digunakan untuk procesor model lama (sampai dgn generasi 233 MHz).

Selain itu, Ada lagi socket yg disebut dengan Socket 370. Socket ini hampir mirip dengan Socket 7 tapi jumlah pinnya adalah 370 yang mana socket jenis ini sangat cocok dengan processor buatan Intel.

Sementara AMD yang menjadi saingan Intel menamai sendiri socketnya dgn istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dgn socket 370. Istilah A dipakai AMD dengan tujuan untuk menunjuk brand procesor Athlon.

3. North bridge controller
VIA VT8751A yg memberikan interface prsessor dgn frekuensi 533/400MHz, yg memberi dukungan intel Hypertheading Tecnologi, interface sistem memori yg beropersi pada 266MHz, & interface AGP 1.5V yg memberi dukungan spesifikasinya AGP 2.0 termasuk juga write protocol dengan kecepatan 4X.  


4. Socket Memori
Bagian ke 4 dari komponen Motherboard adalah Socket Memori, Ada dua jenis socket memori yang sekarang beredar dipasaran. Ada juga Socket terbaru dan terupdate untuk Rambus DRAM, namun sayangnya belum bnayak orang yang menggunakannya. Adapun Socket lama yang masih digunakan sampai sekarang adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yg kedua mempunyai 168 pin modul, yg di desain satu arah. Sehingga Anda tidak mungkin salah memasangnya, karena galur di motherboard telah disesuaikan dgn socket memori kategori DIMM. 

5. Konektor Floppy dan IDE
Konektor Floppy dan IDE adalah konektor yang menghubungkan motherboard dgn perangkat penyimpanan komputer seperti floppy disk dan harddisk. Konektor IDE dalam motherboard umumnya terdiri dari dua, yaitu primary IDE dan secondary IDE. 

6. AGP 4X slot
Slot port penyelerasi gambar ini mendukung Kartu Grafis mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.

7.  South Bridge Controller
Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yg mendukung berbagai I/O fungsi termasuk juga 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, hingga 6 port USB 2.0, interface LCP super I/O, interface AC’97 & PCI 2.2

8. Standby Power LED
Komponen Motherboard selanjutnya adakah LAMPU (LED) Lampu ini menyala apabila terdapat standby power di motherboard. Selain itu, LED ini bertindak juga sebagai reminder (pengingat) utk mematikan sistem power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.

9. PCI slots
Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dgn keluaran maksimum 133MB/s.

10. PS/2 Mouse Port
Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse. 

11. Port Paralel dan Serial
Pada Motherboard jenis AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tapi disambungkandengan menggunakan kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin utk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacam-macam, diantaranya adalah menyambungkan komputer dengan perangkat keras seperti, scanner, sampai dgn menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yg didesain menggunakan koneksi port paralel.

Komponen Motherboard Lainnya:

RJ-45 Port
Port 25-pin ini menghubungkan konektor Lembaga Administrasi Negara lewat suatu pusat network.

Line in jack
Jack line in (biru muda) menghuungkan ke tape player atau sumber audio yang lain. Kepada mode 6-channel, funsi jack ini menjadai bass/tengah.

Line out jack
jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini jadi speaker out depan.

Microphone jack
Jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Terhadap mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.

USB 2.0 port 1 & port 2
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan buat menghubungkan dgn USB 2.0.

USB 2.0 port 3 & port 4
Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan utk menghubungkan dgn USB 2.0.

Video Graphics Adapter Port
Port 15-pin ini yakni utk VGA layar atau VGA piranti lain yg kompatibel.

Konektor keyboard
Ada dua jenis konektor yg menghubungkan motherboard dgn keyboard. yang pertama adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atau kategori AT berbentuk bulat, lebih besar dari yg model PS/2, dilengkapi dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 mempunyai lubang pin 6 buah & diameternya lebih kecil dibanding model AT.

Diatas adalah Komponen bagian-bagian Motherboard, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon