Friday, May 6, 2016

Pengertian WAN (Wide Area Network) - Komputekid


Komputekid - Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang bisa mencakup beberapa bidang jarak dan dapat menyebar ke seluruh dunia. WAN sering menghubungkan beberapa jaringan yang lebih kecil, seperti jaringan area lokal (LAN) atau jaringan area metro (MAN) dan yang paling populer saat ini WAN menggunakan koneksi Internet. Beberapa segmen dari internet juga mecakup WAN dalam diri mereka. Perbedaan utama antara WAN dan teknologi jaringan LAN adalah skalabilitas.  WAN berkembang sesuai kebutuhan untuk couverge area,menutupi beberapa kota, bahkan negara dan benua.

seperangkat switch dan router saling berhubungan membentuk sebuah Wide Area Network. Switch dapat dihubungkan dalam topologi yang berbeda seperti topologi mesh penuh dan setengah mesh. Sebuah jaringan WAN dapat dimiliki secara pribadi ataupun disewa dari penyedia layanan.

Dua packet switching dan teknologi circuit switching digunakan dalam WAN. Packet switching memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya dalam angkutan secara umum sehingga operator penyedian layanan dapat membuat penggunaan infrastruktur lebih efisien. Dalam setup packet switching, jaringan memiliki koneksi ke jaringan operator, dan berbagi jaringan pelanggan operator lainnya. Operator dapat membuat sirkuit virtual antara situs pelanggan dimana paket data yang dikirimkan dari satu ke yang lainnya melalui jaringan.

Sirkuit Switching memungkinkan koneksi data bila diperlukan dan kemudian menghentikannya ketika komunikasi selesai. Cara kerjanya seperti saluran telepon biasa yang bekerja untuk komunikasi suara

Teknologi Jaringan WAN bergantung pada pihak ketiga dalam hal ini perusahaan penyedia layanan Telecommunication yang menyediakan layanan hubungan jarak jauh. Tidak seperti pada jaringan LAN dimana koneksi antar device (komputer) ditransmisikan dari satu piranti digital / komputer kepada piranti digital lainnya melalui koneksi fisik secara langsung, teknologi jaringan WAN menggunakan kombinasi sinyal analog dan sinyal digital dalam melakukan transmisi data.
Pada diagram jaringan WAN berikut ini menjelaskan masing-2 komponen dan fungsi dalam konsep teknologi Jaringan WAN.


EmoticonEmoticon