Sunday, July 31, 2016

Jenis-Jenis Mouse Komputer - Komputekid




Jenis-Jenis Mouse Komputer - Mouse memiliki fungsi untuk menggerakkan pointer pada layar kerja monitor. Mouse merupakan salah satu perangkat input device yang sangat penting pada sistem operasi berbasis GUI. Mouse terdiri dari berbagai jenis dan bentuk, sehingga kita sebagai pengguna bebas untuk memilih sesuai dengan keinginan. Mouse berperan sangat penting dalam pengoperasian komputer dan laptop. Dengan adanya mouse, sebuah pekerjaan akan terasa lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

Berdasarkan fisik atau bentuknya, mouse ada 2 macam, yaitu :


1. Mouse Optic
Mouse optic adalah jenis mouse yang menggunakan optic untuk menggerakkan pointer yang ada dilayar monitor. Optic yang dimaksudkan disini terletak dibagian bawah mouse. 


2. Mouse Track Ball
Mouse track ball adalah mouse yang menggunakan bola untuk menggerakkan pointer pada layar monitor.

JIka dilihat berdasarkan Port-nya, mouse dibedakan menjadi :
1. Mouse PS/2
Mouse jenis ini menggunakan port PS2 dan biasanya digunakan pada komputer jenis ATX. Port mouse biasanya berwarna hijau dan hal ini ditujukan untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse. 

2. Mouse USB
Mouse jenis ini mulai banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Mouse USB memiliki cara kerja yang lebih efisien dan juga mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibandingkan mouse yang menggunakan port yang lain. 

3. Mouse Serial
Mouse ini menggunakan port serial dan mouse jenis ini digunakan pada komputer jenis AT. 

4. Mouse Wireless
Mouse jenis ini sesuai dengan namanya yaitu menggunakan jaringan Wi-Fi sebagai media perantaranya. Mouse jenis ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna komputer dan laptop. Mouse Wireless dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan mouse jenis lainnya. Kelebihan dari mouse jenis ini adalah bisa digunakan dalam jarak yang lumayan jauh, karena mouse jenis ini tdak menggukan kabel seperti jenis-jenis mouse lainnya.


EmoticonEmoticon