Sunday, July 10, 2016

Tutorial Cara Mengamankan Data dalam Hardisk - komputekid



Cara Mengamankan Data dalam Hardisk - Harddisk merupakan perangkat keras untuk menyimpan berbagai data, kapasitas hardisk terbesar saat ini adalah 1 Yottabite yang akan dibagun oleh NSA, hardisk selalu ada di tiap-tiap komputer atau Netbook. Pada harddisk inilah kita sangat sering memasukan dan juga mengeluarkan data, baik itu dari kegiatan browsing internet, menggunakan software Office, menggunakan software multimedia dan lain-lain. Karena terlalu sering kita melakukan hal tersebut, terkadang kita lupa untuk membuat data cadangan atau backup bila sewaktu-waktu data yg kita anggap penting hilang.

Cara Ke #1
Kalian dapat memakai fasilitas penyimpanan eksternal, seperti hardisk eksternal maupun flashdisk Untuk menyalin data-data penting dalam hardisk utama. Bagi kalian yg memakai flashdisk, sangat disarankan sekali untuk menggunakan cara khusus. Dalam artian untuk kepentingan backup data-data utama yg berukuran kecil saja, sebab flashdisk mempunyai umur yg lebih pendek dibanding dgn hardisk eksternal.

Cara Ke #2
Menggunakan System Restore sebelum menginstall software yg rentan bagi OS. Menginstall software semacam itu benar-benar tidak dianjurkan. Namun terkadang ada saja orang yang nekat melakukannya. Maka, apabila terjadi kerusakan yg lumayan serius, pengguna tersebut tak bisa mengatasinya & terpaksa harus melakukan install ulang sampai data-data jadi hilang.

Cara Ke #3
Gunakanlah feature Backup dan Restore. Data-data kalian akan aman selama file backup ini tak hilang. Backup dgn menggunakan Sistem Image adalah cara yang sangat ampuh untuk mengantisipasi kehilangan data.
Cara Ke #4
Jangan lupakan software pihak ketiga! Contohnya seperti Comodo Time Machine (software gratis yg mempunyai feature seperti Sistem Restore) maupun software sejenisnya. Tapi ada salah satu kekurangan pada software tersebut adalah terkadang software tersebut membuat hardisk kalian cepat penuh dan bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Cara Ke #5 
Jangan Lupakan juga penyimpanan Online! Anda bisa menggunakan google drive untuk menyimpan data di awan,  Google memberikan layanan gratis untuk siapa saja. selian itu anda juga bisa menggunakan Dropbox. Baca cara daftar dan memasang dropbox pada komputer/laptop.
Cara Ke #6
Gunakan Antivirus, sebab berperan dalam menjaga data penting di hardisk agar aman dari serangan virus. Jadi pastikan kalian harus rajin lakukan up date supaya komputer data kalian aman dari serangan virus. Kalian juga bisa memanfaatkan antivirus free bawaan Windows adalah Microsoft Security Essentials atau Windows Defender.

Itu merupakan Cara untuk meng antisipasi kerusakan pada Hardisk dan untuk keamanan File anda yang terdapat pada Hardisk Internal PC


EmoticonEmoticon