Wednesday, July 13, 2016

Manfaat Internet Secara Umum - komputekid


Manfaat Internet Secara Umum -  Belajar jarak jauh  sudah lama dilakukan jauh sebelum internet ada. Beberapa universitas luar negeri mempunyai program belajar jarak jauh. Di Indonesia juga terdapat universitas yang mempunyai program belajar jarak jauh, misalnya Unive'rsitas Terbuka. Dahulu belajar jarak jauh dilakukan dengan cara belajar mandiri.

Pihak penyelenggara belajar jarak jauh mengirimkan bahan-bahan pelajaran berupa buku-buku, kaset dan video kepada para siswa/ mahasiswa untuk dipelajari. Untuk mengukur tingkat kemampuan siswa/mahasiswa, diberikan latihan dan test-test yang harus dikerjakan. Latihan atau test-test tersebut harus dikerjakan dan dikirimkan
kembali oleh para siswa/mahasiswa.

Sistem belajar seperti ini sebenarnya jauh dari sempuma. Dalam belajar, seseorang membutuhkan interaksi atau dialog/komunikasi langsung dengan guru, interaksi atau dialog/komunikasi dengan sumber belajar, dan interaksi atau dialog/komunikasi dengan sesama siswa/mahasiswa. Kekurangan salah satu dari hal di atas akan menyebabkan hasil yang diperoleh menjadi tidak maksimal.

Internet merupakan alat komunikasi yang murah. Internet juga memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communications) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communications). hal ini memungkinkan terjadinya diskusi antara dua orang dan diskusi antara banyak orang.
Selain itu, internet juga memungkinkan terjadinya komunikasidengan tatap muka melalui telekonferens. Komunikasi audiovisual dapat terjadi dan memungkinkan komunikasi terjadi secara langsung.tidak perlu dibekali kemampuan teknis internet yang cukup dan pemahaman yang cukup akan sistem yang digunakan. Dengan demikian, para pengajardapat mengembangkan metode-metode dan strategi pengajaran yang lebih efektif.

Teknologi juga merupakan faktor yang penting bagi terselenggaranya belajar jarak jauh dengan menggunakan internet. Teknologi yang ada saat ini memungkinkan dibuat sebuah aplikasi belajar jarak jauh yang cukup memadai. Pemanfaatan  teknologi dan aplikasi yang tepat akan membuat proses  belajar jarak jauh  dapat terselenggara dengan baik  dan mencapai hasil yang maksimal. Selain sebagai sarana penunjang  pembelajaran jarak jauh,  internet juga  dapat digunakan sebagai media pembelajaran langsung.  

Internet telah menyediakan berbagai informasi, forum-forum, tutorial, konsultasi   pelajari sesuatu, kamu tinggal memanfaatkan pakai, dan bentuk pembelajaran lainnya. mesin pencari jika ingin mem untuk menemukan situs yang sesuai yang menyediakan informasi, forum, tutorial, atau konsultasi pakar yang sesuai dengan topik yang ingin dipelajari.
Manfaat Internet Secara Umum

Sumber lnformasi

Internet banyak dimanfaatkan sebagai sumber informasi. Internet mempunyai informasi tentang apa saja dalam jumlah yang tidak terbatas. sebagai pengguna, kamu dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi apa saja yang kamu butuhkan atau inginkan  misalnya informasi tentang cuaca, kulinel, politik, ekonomi, wisata, teknologi, hobi tertentu, olahraga, dan sebagainya.

Jika ingin mengetahui berita-berita terkini, saat ini di internet telah terdapat berbagai situs berita online dalam berbagai bahasa. Melalui situs berita-situs berita ini, kamu dapat memperoleh berbagai berita secara online dan terus di-update setiap saat. Hal ini menyebabkan berita-berita tentang kejadian-kejadian penting tersebar dengan lebih cepat ke seluruh dunia. Berita tentang meletusnya gunung Sinabung, Bromo, Merapi, tsunami di Mentawai, dan berita-berita penting lain nya tersebar ke seluruh dunia dan dapat diketahui dalam hitungan menit.Beberapa media berita online yang populer di Indonesia, antara lain Detik (www.detik.com), Kompas (www.kompas.com), jawa pos (www.jawapos.co.id), dan lain-lain.

Media Komunikasi

Internet merupakan media komunikasi yang sangat handal dan murah. Kamu dapat mengirimkan informasi ke seluruh dunia dalam hitungan detik dengan biaya yang sangat kecil dibanding dengan biaya menggunakan media komunikasi lain. Jika ingin mengirimkan informasi ke semua orang, kamu dapat menempatkan informasi tersebut di sebuah halaman web dan informasi akan dapat diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Jika ingin mengirimkan informasi ke orang-orang tertentu saja, kamu dapdt menggunakan email untuk mengirimkan informasi tersebut ke orang yang bersangkutan. Selain mode komunikasi satu arah, seperti halaman web dan email, internet juga memungkinkan komunikasi dengan mode dua arah. Kamu dapat menggunakan aplikasi chatting dan video conference untuk tujuan tersebut. Aplikasi chatting dan video conference tersebut dapat kamu lakukan dengan menggunakan layanan-layanan yang sudah ada di internet, seperti layanan dan Skype.

Media Social Networking 0nline dari Yahoo Messenger

Manfaat Internet Secara Umum. Saat ini ada banyak situs di internet yang mengkhususkan diri sebagai media iejaring sosial online. Beberapa situs yang paling banyak penggunanya adalah Facebook, MySpace, Twittel, Linkeding, Ning, Tangged, Hi5, Clasfmates, Friendster, dan sebagainya. Indonesia merupakan salah satu negara pengguna yang paling aktif di situs jejaring sosial online. Situs jejaring sosial online dapat dibedaka menjadi dua: (1) situs jejaring  sosial yang mengkhususkan untuk komunitas tertentu saja, dan (2) situs jejaring sosial yang terbuka untuk semua orang. Menurut data yang  dikeluarkan Facebook, lebih dari 500 juta orang terdaftar sebagai pengguna Facebook. Menurut data yang dikeluarkan oleh Inside Facebook (insidefacebook.com, 8 Juni 2010), Indonesia merupakan pengguna jejaring sosial nomor tiga terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan Inggris.

Kehadiran berbagai situs jejaring sosial di internet memungkinkan internet kemudian dimanfaatkan sebagai media untuk membangun hubungan sosial secara online. Internet digunakan sebagai media untuk membangun komunitas-komunitas sosial.Komunitas-komunitas online ini  umumnya dibangun karena kepentingan dan ketertarikan yang sama seperti hobi, agama, politik latar belakang, dan sebagainya.


EmoticonEmoticon