Saturday, July 9, 2016

Pengertian VGA Card Beserta Fungsinya - komputekid


Pengertian VGA Card Beserta Fungsinya - Kali ini saya akan share apa itu Video Graphics Array disingkat VGA dan biasa disebut dengan video card, video adapter, display kartu, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA Crad sendiri ternyata  tidak jarang digunakan untuk mengacu pada resolusi monitor berukuran 640×480, apapun produsen perangkat keras kartu grafisnya. 
Kegunaan atau Fungsi VGA Card adalah untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Jika anda ingin bermain Game, Menonton video dengan kualitas HD, maka anda harus menggunakan VGA Card yang berkualitas. Seperti ATI dan Nvidia. Dibawah ini adalah gambar VGA Card ATI Radeon.
Pengertian VGA Card dan Fungsinya, pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card, Pengertian VGA Pada laptop, pengertian dan Fungsi VGA, Pengertian VGA dan Jenisnya
Tidak Cuma itu, VGA Card dapat juga mengacu pada konektor VGA 15-pin yg tetap difungsikan dengan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke layar monitor. Standar VGA digantikan oleh standar XGA dari IBM, namun ternyata VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Sekarang ini, VGA Card telah mempergunakan Graphic Accelerator Chipset, Chipset ini merupakan chipset terbaru dimana telah memasukkan kekuatan akselerasi tiga dimensi (3D) yg terintegrasikan terhadap chipset yg dimilikinya. Tidak hanya VGA Card, saat ini ada "periferal" PC supporter yg disebut "3D Accelerator" yg mana fungsi dari akselerator 3D ini ialah untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D dengan lebih sempurna.
Akselerator 3D yg keberadaannya tak lagi memerlukan IRQ ini dapat melaksanakan manipulasi-manipulasi grafis 3D yg lebih kompleks & lebih sempurna, Contohnya seperti yang terdapat pada Game PC yg mensupport 3D dapat ditampilkan dengan gambar yg seperti aslinya, sehingga dapat membuat gambar terlihat lebih nyata. 
Faktor ini dikarena jumlah fungsi pengolahan grafis 3D yg dulunya dilakukan oleh procesor pada motherboard, saat ini sudah digunakan oleh procesor grafis 3D pada 3D accelerator tersebut. Dengan  adanya pembagian kerja ini, maka procesor yang terdapat pada motherboard bisa lebih banyak melaksanakan pekerjaan pemrosesan data-data yang lain. diluar itu para programmer tidak perlu membuat fungsi grafis 3D, dikarenakan fungsi tersebut telah terdedia  di akselerator tiga dimensi.

Fungsi VGA Card

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa fungsi VGA Card adalah menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari sebuah komputer jadi penampilan grafis pada layar monitor. VGA Card (Video Graphic Adapter) bermanfaat utk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke layar monitor. Untuk menggambar atau rancangan suatu graphic maupun hanya sekedar bermain game. VGA Card sering juga disebut Kartu display, card VGA atau card grafis.


EmoticonEmoticon