Friday, July 29, 2016

Kelebihan Dan Kekurangan SSD - Komputekid



Kelebihan Dan Kekurangan SSD  - Bagi anda yang mengikuti perkembangan teknologi, mungkin belakangan ini sering mendengar istilah SSD. Iya benar sekali, akhir-akhir ini istilah SSD mulai banyak diperbincangkan khususnya dalam dunia teknologi. Solid State Drive (SSD) merupakan inovasi terbaru dari penyimpanan data.

SSD merupakan media penyimpanan data yang menggunakan memori Solid State. Tentu ini sangat berbeda dengan HDD yang masih menggunakan plat magnetis yang berputar. SSD juga memanfaatkan semikonduktor, dan pada SSD tidak ada komponen apapun yang berputar atau berpindah.

SSD dapat meningkatkan kinerja, juga dapat menghemat konsumsi energi dan tentunya dapat diandalkan. Meskipun dari segi bentuk fisik nampak serupa dengan media penyimpanan Harddisk, namun dapur pacu kedua perangkat penyimpan ini sangatlah berbeda. Pada hardisk, media penyimpanan yang digunakan berbentuk piringan seperti CD / DVD. Sementara pada SSD, media penyimpanan yang digunakan berupa chip sama seperti yang diterpakan pada flashdisk namun tentunya dengan kualitas yang lebih bagus.

Meskipun mampu memberikan performa yang lebih baik dibandingkan HDD, SSD ini ternyata masih memiliki beberapa kelemahan. Jadi sebaiknya anda dapat membaca dan memahami kelebihan dan kekurangan dari SSD, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan SSD
  • Performa
Performa memang menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sebuah SSD. Seperti penjelasan di atas, pada SSD tidak ada satupun komponen yang berputar atau mengalami perpindahan. Semua perangkat atau komponen penyusun SSD ini sepenuhnya elektronik. Dengan tidak adanya pergerakan manual, kecepatan untuk membaca dan menulis data akan naik secara drastis. Jika anda menggunakan HDD, maka waktu booting sampai benar-benar masuk ke dalam sistem komputer membutuhkan waktu sekitar 2 - 5 menit. Sedangkan jika menggunakan SSD hanya akan membutuhkan waktu 5 - 60 detik, sampai maksimal 2 menit saja.
  • Kemudahan Transisi
Keunggulan selanjutnya yang dimiliki oleh sebuah SSD adalah menggunakan port yang sama dengan HDD, yaitu menggunakan Port SATA I, SATA II dan SATA III. Jadi apabila anda ingin menggantikan media penyimpanan data yang sebelumnya menggunakan HDD dan sekarang ingin menggunakan SSD, maka anda tidak perlu menambahkan komponen apapun untuk menggantikan HDD. 
  • Inovatif
Sangat jelas bahwa SSD merupakan salah satu hasil dari inovasi para praktisi teknologi dunia. Dengan hadirnya SSD, maka keberadaan HDD semakin terancam. Adanya SSD juga membuat seolah-olah HDD merupakan media penyimpanan yang ketinggalan zaman. 

Kekurangan SSD
  • Harga
Harga menjadi kendala dari penggunaan SSD saat ini. Sebagai perangkat penyimpanan data yang baru, SSD dijual dengan harga yang masih sangat mahal. Di pasaran, SSD dengan kapasitas 180GB harganya setara dengan HDD berkapasitas 1TB. Kami mengatakan bahwa "Ada harga yang tinggi maka akan ada juga kualitas yang tinggi, karena harga tidak pernah bohong".

Mungkin itulah beberapa kelebihan dan kekurangan SSD sebagai media penyimpanan data. Baca dan cermati terlebih dahulu artikel di atas sebelum anda memutuskan untuk membeli SSD. Sekian artikel dari kami, semoga memberikan banyak manfaat.


EmoticonEmoticon